Hai guys, apakah kalian pengguna softlens? Jaman sekarang penggunaan lensa kontak atau yang kita kenal dengan softlens merupakan hal yang sangat lumrah. Banyak kalangan dari anak remaja hingga dewasa sudah menggunakan softlens sehari-hari dari berbagai macam brand, warna, dan model. Aku pribadi merupakan pengguna softlens dari kelas 2 SMP, sudah lebih dari 10 tahun aku menggunakan softlens sehari-hari karena mata aku rabun jauh dan perlu softlens dengan minus untuk menunjang keseharianku. Selain softlens dengan minus, banyak juga softlens model lain yang penggunaannya bukan untuk membantu penglihatan tapi hanya sebagai kosmetik atau fashion. Misalnya softlens warna warni untuk makeup karakter ataupun softlens dengan diameter besar untuk membuat wajah seakan-akan terlihat seperti boneka, biasanya digunakan untuk cosplay.

Nah kira-kira untuk kalian sebagai pengguna softlens, kira-kira apa sih alasan kalian menggunakan softlens? Apakah sama seperti aku untuk membantu penglihatan? Atau untuk mempercantik diri saja? Apapun alasannya ada 5 hal yang harus kalian perhatikan sebelum membeli softlens.

1. SOFTLENS POWER

Kalo aku pribadi, hal pertama yang aku cari dari softlens yaitu minusnya. Karena mata aku sendiri memiliki minus tinggi yaitu -8.5 dan cukup sulit mencari softlens dengan minus tersebut. Rata-rata softlens hanya memiliki minus hingga minus 4 atau 6, kalaupun ada minus 8.5 itu biasanya pilihan warnanya tidak banyak.

2. VARIAN WARNA/MODEL

Setelah aku menemukan softlens sesuai dengan minus yang aku butuhkan, baru aku mencari warna dan model yang tersedia dengan minus tersebut. Biasanya sih aku mencari warna yang netral, seperti warna hitam, abu, ataupun coklat. Aku jarang menggunakan clear lens atau softlens dengan warna bening karena aku merasa softlens bening membuat mataku terlihat mengantuk dan tidak segar.

3. DIAMETER SOFTLENS

Selain warna dan model softlens, terkadang aku juga mencari softlens yang memiliki diameter yang besar. Biasanya aku mencari softlens dengan diameter 16mm sehingga matanya terlihat seperti baby eyes atau mata boneka. Karena bentuk mata aku bulat dan belo makanya cocok untuk menggunakan softlens dengan diameter besar. Membuat mataku seakan-akan lebih segar. Tapi untuk sehari-hari diameter 14mm saja cukup kok untuk aku, jika sulit mendapatkan softlens minus dengan diameter besar.

4. WATER CONTENT

Setelah mendapatkan minus, warna, model, dan diameter softlens yang sesuai, biasanya aku juga mengecek kadar air atau water content dari softlens tersebut. Untuk mengetahui berapa persen kadar air dari sebuah softlens bisa kalian cek di bagian luar box ataupun bungkus dari softlens tersebut, Packagingnya bisa berupa tube ataupun blister. Biasanya terdapat tulisan “45% water” atau “WC” atau “Water Content”. Semakin tinggi kadar air pada softlens maka akan semakin banyak air yang diserap oleh softlens tersebut. Oleh sebab itu jika mata kalian cenderung mudah berair/banyak memproduksi air akan cocok menggunakan softlens dengan kadar air tinggi (di atas 50%), sebaliknya jika mata kalian cenderung kering akan lebih cocok menggunakan softlens dengan kadar air rendah (di bawah 50%).

5. DK/t (TRANSMISI OKSIGEN)

Mungkin mayoritas pengguna softlens sudah paham dengan diameter serta kadar air dalam softlens. Namun masih jarang yang memperhatikan DK/t dalam suatu softlens bahkan banyak yang masih belum tahu bahwa tingkat DK/t softlens juga merupakan salah satu aspek terpenting dalam softlens. DK/t adalah nilai ukur transmisi oksigen pada lensa kontak. Makin tinggi nilai DK/t, maka makin baik transmisi oksigennya. Aliran oksigen ke kornea sangat penting dan dapat meningkatkan kenyamanan. Oleh sebab itu softlens dengan nilai DK/t yang tinggi pasti akan semakin nyaman digunakan di mata.

5 Hal di atas adalah aspek penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli softlens. Nah akhir-akhir ini aku lagi cobain salah satu brand softlens asal Taiwan, yang bener-bener nyaman dipake seharian karena mengandung silicone hydrogel. Softlens yang aku coba adalah Miacare Softlens. Softlens yang mengandung silicone hydrogel mampu meningkatkan kadar oksigen hingga 5x lebih banyak dibanding softlens dengan reguler hydrogel.

 

 

 

Softlens Miacare dirancang dengan teknologi EautraSil Plus yang mampu memperlebar celah dalam molekul silikon sehingga memperbanyak oksigen dan zat pelembab merembes masuk melalui lensa, menjadikan lensa dengan tingkat permeabilitas oksigen tinggi dan bertekstur lebih lembut. Lensa Kontak Miacare didesain dengan menggunakan pola dot matrix yang eksklusif, membaurkan secara alami dengan warna mata, menyisihkan ruang yang mencukupi untuk dilalui oksigen sehingga memberikan kenyamanan sempurna untuk mata. Selain itu softlens Miacare memiliki teknik percetakan tri-layer yang menjaga lapisan berpigmen di bagian tengah terisolasi dari mata, mampu mempertahankan warna lensa sepanjang waktu, yang membuat lensa aman untuk dipakai sehari-hari.

Seperti yang sempat aku bahas di atas bahwa DK/t atau kadar oksigen merupakan salah satu aspek penting dalam mencari softlens, Miacare Softlens juga unggul karena memiliki tingkat DK/t yang lebih tinggi dari biasanya. 187.5 DK/t untuk Miacare Delight, 193 DK/t untuk Miacare Flash, dan 151 DK/t untuk Miacare Shimmer. Jauh lebih tinggi dibanding softlens lain yang rata-rata hanya memiliki tingkat DK/t sebesar 125. Miacare Softlens juga mengandung zat pelembab ganda yaitu Sodium Alginate (SA) dan Hyaluronic Acid (HA) yang mampu mengoptimalkan hidrasi untuk kenyamanan pemakaian lensa sepanjang hari. Satu-satunya formula Solvent-free di dunia untuk meminimalisir terjadinya iritasi dan alergi. Selain itu Miacare juga dilengkapi ISO Class II UV-blocking yang melindungi mata dari paparan sinar UV yang berbahaya.

Terdapat beberapa jenis softlens dari Miacare, yaitu Delight dan Confidence. Miacare Delight merupakan Clear Lens atau softlens bening dengan 2 jenis life span yaitu Daily (sekali pakai) dan Monthly (bisa digunakan hingga 1 bulan). Untuk Miacare Delight Monthly berisi 20 clear lens yang bisa digunakan hingga 10 hari (1 hari 1 pasang softlens). Sementara Miacare Confidence merupakan softlens berwarna yang juga terdiri dari 2 jenis life span yaitu Daily dan Monthly. Miacare Confidence Shimmer merupakan softlens Daily yang memiliki 3 varian warna yaitu Shimmer Hazel, Shimmer Gray, dan Shimmer Blue. Setiap kotak dari Miacare Confidence Shimmer berisi 10 lensa (5 pasang) softlens harian. Miacare Confidence Flash merupakan softlens monthly yang bisa digunakan hingga 1 bulan. Memliki 3 varian warna yaitu Flash Pink, Flash Gray, dan Flash Blue.

Aku udah cobain Softlens Miacare ini untuk sehari-hari dan aku suka banget karena softlens Miacare ini adalah softlens ternyaman yang pernah aku pake. Teknologi Silicone Hydrogel nya bener-bener melembabkan mata aku yang kering. Aku bisa pake softlens ini seharian tanpa takut mata aku alergi ataupun iritasi. Warna favorit aku yaitu Miacare Confidence Shimmer Hazel karena warnanya cantik banget dan natural seperti mata asli. Kalo misalnya kalian mau cobain juga bisa langsung aja cek website Miacare. Untuk info lebih lanjut kalian juga bisa langsung follow social media Miacare, nanti linknya akan aku taro di bawah.

Thanks Babe!! XOXO <3<3

MIACARE SOFTLENS

WEBSITE || INSTAGRAM

Mau nanya apa beb?