Hello guys balik lagi sama Jude, kali ini balik bahas makeup lagi huehe.. Ini adalah post pertama di bulan November tentang makeup.. Karena post aku sebelumnya kan tentang health & food sama tentang event report which kinda masih sejalur dengan topik “beauty” tapi biar ga melenceng jauh dan tetap sejalur maka aku kembali lagi membahas tentang per “makeup” an hihi.. Well, kali ini aku mau bahas salah satu makeup mata yang sejujurnya aku jarang banget gunakan untuk daily.. Jujur aja sih karena aku ga ngerti cara pake nya makanya aku jarang banget pake wkwkw (beauty blogger macam apa kau Jude!).. Nah kali ini jude mau bahas 7 Jenis Eyeliner di Bawah 100ribu Beserta Rekomendasinya.. Sejujurnya karena aku juga beginner dan kurang jago dalam aplikasi eyeliner jadi jelas rekomendasi eyeliner kali ini yaa sesuai dengan produk yang aku punya dan tentunya rekomendasi eyeliner untuk pemula since aku sendiri juga pemula haha.. Setelah aku kumpulkan produk eyeliner yang aku punya ternyata cukup banyak dan bisa aku kategorikan menjadi 7 jenis eyeliner..  Ohiya anyway blogpost ini merupakan bagian dari Beauty Post Collaboration yang diselenggarakan oleh Komunitas Beauty Blogger & Vlogger.. So you guys better check it out as well <3

1. pencil eyeliner/eyeliner pensil

Well, jenis eyeliner yang pertama adalah pencil eyeliner atau eyeliner pensil, pokoknya yang berbentuk pensil yaa yang kayak pensil warna gitu buat mewarnai atau pensil 2B yang buat ujian gitu haha.. Maksud aku bentuk rupa nya loh ya, kalo buat makeup mah tetep harus pake produk khusus wajah loh jangan aneh-aneh dan malah pake pensil warna buat gambar beneran haha.. Menurut aku pencil eyeliner ini lumayan handy sih untuk dijadikan rekomendasi eyeliner untuk pemula, since semua orang yang cobain eyeliner dari pemula hingga profesional menurut aku menggunakan pencil eyeliner/eyeliner pensil ini.. Memang sih pigmentasi nya paling ga oke dibandingkan jenis eyeliner yang lain, namun pencil eyeliner/eyeliner pensil ini mudah didapatkan karena banyak banget brand yang jual jenis pencil eyeliner/eyeliner pensil ini.. Kalian bisa dapatkan di pasar, supermarket, beauty shop, hingga online shop.. Dari brand yang kurang terkenal hingga high end pasti punya deh jenis eyeliner pensil/pencil eyeliner ini..

[baca juga: review viva eyeliner pencil black]

Jenis eyeliner ini menurut aku bagusnya buat digunakan di waterline aja sih either yang hitam maupun putih karena menurut aku kalo di upper liner pigmentasinya kurang oke.. Aku pribadi sih sebagai face painter/sfx makeup artist lebih suka menggunakan pencil eyeliner/eyeliner pensil untuk menggambar sketsa di wajah sebelum akhirnya diwarnai hihi like I said this kind of eyeliner is super handy and multifunctions.. Ohiya untuk rekomendasi jujur aja aku ga begitu punya banyak koleksi pencil eyeliner/eyeliner pensil jadi perbendaharaan (?) eyeliner pencil aku sedikit.. Rekomendasi menurut aku itu Viva Queen Eyeliner Pencil untuk warna hitam karena super duper pekat pigmentasi nya dan harganya murah meriah cynnn cuma 20ribuan aja hihi.. Nah untuk yang warna warni aku rekomendasiin masih dari local brand yaitu Inez Color Contour Plus – Eyeliner Pencil karena dia punya warna hitam, putih, dan biru.. Memang cuma 3 warna sih, tapi buat jenis eyeliner pensil/pencil eyeliner ini I think these colors is more than enough..

[baca juga: review inez cosmetics eyeliner pencil]

2. retractable eyeliner/automatic eyeliner

Nah untuk jenis eyeliner yang kedua adalah Retractable Eyeliner/Automatic Eyeliner.. Setiap brand punya nama yang berbeda-beda sih untuk eyeliner jenis ini, but mostly namanya adalah Retractable Eyeliner atau sering juga disebut dengan Automatic Eyeliner.. Kenapa disebut demikian? Karena jenis eyeliner ini tidak perlu diserut/diraut ketika produknya sudah mulai tumpul, tapi tinggal diputar saja untuk membuat produknya keluar lebih banyak.. Makanya disebut dengan retractable eyeliner atau juga automatic eyeliner.. Yes automatic, tinggal diputar aja sist hihi.. Nah, banyak juga yang menamai produk jenis eyeliner seperti ini dengan nama eyeliner pensil atau pencil eyeliner, padahal menurut aku beda banget sih.. Kalo yang jenisnya pensil ya jelas harus diraut dan juga tekstur dari Retractable Eyeliner/Automatic Eyeliner ini tuh beda dari pencil eyeliner/eyeliner pensil.. Teksturnya lebih chalky dan lebih smooth, pigmentasinya juga sedikit lebih opaque dibandingkan pencil eyeliner/eyeliner pensil.. Jadi jelas aku membuat kategori jenis eyeliner yang berbeda..

Nah jenis eyeliner seperti ini menurut aku bagus untuk digunakan both di upper line dan water line, karena pigmentasinya cukup oke untuk di upper line dan tekstur eyeliner nya cukup empuk untuk bisa diaplikasikan ke water line.. Retractable Eyeliner/Automatic Eyeliner ini menurut aku juga bisa banget masuk ke dalam rekomendasi eyeliner untuk pemula karena modelnya yang retractable ga perlu repot-repot untuk diraut dan juga kemudahan dalam penggunaannya.. Menurut aku udah banyak juga brand dari lokal hingga high end yang memproduksi jenis eyeliner ini, aku sendiri punya 3 produk yaitu Viva Queen Perfect Shape Pencil Matic EyelinerZoya Ultimate Eyeliner, dan NYX Retractable Eye Liner.. Nah kalo rekomendasi eyeliner dari aku sendiri jelas si NYX Retractable Eyeliner sih karena warnanya super duper banyak kayaknya nyampe deh 10 warna bahkan lebih haha, pigmentasinya juga menurut aku juara sih like sekali oles udah langsung jedar gitu, tapiii ya harganya mayan mahal 100 ribu lebih hehe karena di blogpost ini aku harus memberikan rekomendasi eyeliner di bawah 100 ribu makanya si NYX ini sayangnya tidak masuk ke dalam pilihan huhu.. But don’t worry masih banyak pilihan lain dalam hidup ini, jangan lah stuck di 1 hal saja layaknya lelaki, masih banyak pilihan lelaki di luar sana kok mueheheh.. So, either Zoya Ultimate Eyeliner atau Viva Queen Perfect Shape Pencil Matic adalah rekomendasi eyeliner di bawah 100 ribu versi aku.. Keduanya sama-sama memiliki harga 30ribuan dan pigmentasinya cukup oke meski ga sekali oles jedar tapi bisa di build up.. Tapi Zoya ini cuma ada 1 warna yaitu hitam sementara Viva Queen punya 3 warna yaitu hitam, biru, dan putih.. Jadi tentukanlah pilihan kalian sesuai kebutuhan ya girls hihi..

3. gel eyeliner

Jenis eyeliner selanjutnya adalah Gel Eyeliner.. Gel Eyeliner yang aku maksud disini yaitu eyeliner yang dikemas dalam bentuk pot dan cara aplikasinya dengan menggunakan kuas.. Banyak juga brand yang memiliki produk eyeliner dengan jenis ini, namun menurut aku sih Gel Eyeliner ini kurang cocok untuk dijadikan rekomendasi eyeliner untuk pemula.. Memang sih pigmentasinya bisa diacungi jempol, namun jika Gel Eyeliner ini belum set maka akan smudge dan mudah bleber kemana-mana.. Untuk brand lokal sendiri juga banyak banget sih ngeluarin eyeliner dengan jenis Gel Eyeliner ini dari Wardah, Pixy, Silkygirl (I know this one isn’t local but I keep put this here anyway haha) dan sebagian besar bentuk packagingnya tuh sama yaitu berbentuk pot dengan tutup ulir yang sekaligus mengandung kuas di dalamnya.. Jadi gagang tutupnya itu bisa dilepas dan berfungsi sebagai kuas eyelinernya.. Nah rekomendasi eyeliner dari aku untuk jenis Gel Eyeliner ini datang dari brand lokal yaitu Wardah (karena aku cuma punya ini wkwk).. Nama produknya adalah Wardah EyeXpert Staylast Gel Eyeliner.. Aku rekomendasiin produk ini karena dia adalah produk lokal, harganya juga murah cuma 30-40ribuan, dan tentunya mudah didapatkan karena counter Wardah ada dimana-mana..

4. eyeliner spidol/pen liner

 Jenis eyeliner selanjutnya yang super duper hits dan banyak banget dicari oleh netizen jaman now adalah Eyeliner Spidol/Pen Liner.. Eyeliner jelas ini jelas menjadi pilihan pertama untuk aku jadikan sebagai rekomendasi eyeliner untuk pemula karena eyeliner spidol/pen liner ini jenisnya liquid/cair tapi dalam bentuk spidol atau pena gitu jadi gampang banget pakenya dan jujur aja kayaknya koleksi eyeliner aku emang paling banyak dari jenis eyeliner yang satu ini sih since aku bodoh gangerti caranya pake eyeliner jadi pakenya ya yang macem gini wkwk.. Super banyak banget brand yang keluarin eyeliner spidol/pen liner dan aku punya banyak brand like Mizzu Smart Liner, Wardah EyeXpert Hi Optimum Black Liner, Fanbo Eye Pen Liner, dan Sulamit Eyeliner Liquid Pen.. Anddd rekomendasi eyeliner untuk pemula versi Jude jatuh pada Mizzu Smart Liner.. Sebenernya banyak banget manusia di dunia ini yang lebih memilih Wardah tapi entah kenapa buat aku kurang cocok, masih berasa kegedean tip nya dan aku berasa bleber pake Wardah I don’t know why 🙁 Makanya aku jatuh cinta banget sama Mizzu, bahkan aku udah dari jaman SMA ya pake Mizzu Perfect Wear Eyeliner Pen karena murah cuma 30 ribuan tapi emang kurang bagus sih, bagusan Mizzu Smart Liner karena tip nya lebih tipis jadi bisa bikin cat eye dan lebih precise, trus warnanya juga blackest black dan kalo aku tumpuk warna lama nya ga kegeser.. Harganya menurut aku cukup affordable sih untuk kualitas seperti ini, cuma 60-70ribuan aja huehehe..

5. liquid eyeliner

Jenis eyeliner ini kayaknya emang defaultnya eye liner ga sih? Karena untuk aku pribadi sih awal kenal eyeliner ya yang bentuknya seperti ini, cair di dalam tube dan aplikatornya berupa kuas tipis.. Liquid Eyeliner ini jelas dimiliki oleh seluruh brand makeup bahkan brand-brand makeup murah yang banyak terdapat di pasar sekalipun.. Sejujurnya karena aku bukan anak eyeliner jadinya ga punya banyak koleksi Liquid Eyeliner.. Pas aku obrak abrik tempat makeup lagi baru sadar koleksi Liquid Eyeliner aku kebanyakan udah dijual atau dikasih ke orang haha.. Tapi tersisa 1 dari brand lokal yaitu Face2Face Eyeliner Liquid Black.. Face2Face ini merupakan brand lokal, menurut aku pigmentasi dari Liquid Eyeliner selalu oke dan kuasnya tipis aku suka deh jadi gampang apply di mata nya gabakal beleberan.. Plus harganya murah meriah cuma 40-50ribuan aja hihi..

6. colorful gel liner

Nah jenis eyeliner yang satu ini menurut aku hasil peranakan gel eyeliner dengan retractable eyeliner lalu diberi bumbu-bumbu warna warni (?) Wkwk gimana ya walaupun ini Gel Liner tapi bukan jenis Gel Eyeliner seperti yang aku sebutkan di atas, bukan dikemas dalam pot gitu tapi berupa pensil aja gitu.. Tapi isi produknya teksturnya licin banget kayak retractable eyeliner versi lebih smooth (?) And aku namain “Colorful Gel Liner” karena emang produk ini super duper warna warni, banyak gitu pilihan warnanya.. Setelah aku kumpulkan jenis eyeliner ini ternyata aku punya banyak haha ga sadar aku koleksi semua ini.. Nah Colorful Gel Liner ini juga aku jadikan rekomendasi eyeliner untuk pemula untuk orang-orang yang suka berkreasi dengan warna karena ini smooth banget, pigmentasi paling juara, dan bisa dijadikan eyeshadow! Yes, Colorful Gel Liner ini set nya butuh waktu dan sebelum dia set dan kering bisa banget di smudge biar jadi eyeshadow gituu.. Aku pribadi ternyata koleksi dari beberapa brand such as Mizzu Chrome Eyeliner Gel, Makeover Eye Liner Pencil, Silkygirl Funky Eyelights Pencil, dan NYX Slide On Pencil.. Rekomendasi aku jelas dari Mizzu Chrome Eyeliner Gel karena sebenernya aku punya banyak banget koleksi warnanya tapi udah laku kejual semua jadi nyisa tinggal warna pink ama gold aja wkwk.. Mizzu Chrome Eyeliner Gel ini sendiri terdiri dari total 8 warna pilihan dan harganya cuma 50ribuan aja.. Aku suka banget sih soalnya pigmentasinya jedar dan ini adalah produk lokal luvluv <3<3

[baca juga: review mizzu chrome eyeliner gel]

7. glitter eyeliner

Nah jenis eyeliner yang terakhir ini favorit aku sih yaitu Glitter Eyeliner.. Jujur aja aku kan anaknya paling malas eye makeup ya, paling malas blending eyeshadow dan pake eyeliner cat eye yang super duper rapih karena lamaaaa banget bikinnya and I don’t have time for that.. Makanya kadang buat makeup mata aku cuma pake Glitter Eyeliner aja sama mascara langsung dramatic deh mata aku tanpa perlu pake eyeshadow huehehe.. Tapi sejujurnya Glitter Eyeliner ini rada kurang cocok sih dijadikan rekomendasi eyeliner untuk pemula karena kalo salah pake langsung berasa mau dangdutan makeup kita huehehe.. Lagipula rada jarang menemukan brand yang memiliki produk eyeliner dengan jenis Glitter Eyeliner ini.. Setau aku beberapa di antaranya ada dari brand QL Cosmetics, Inez Cosmetics, NYX, dan yang high end ada dari Urban Decay.. Aku pun cuma punya 2 jenis yaitu yang dari QL Cosmetics dan Inez Cosmetics dan aku rekomendasiin Inez Cosmetics Intense Color Liquid Eyeliner karena harganya cuma 80ribuan dan pigmentasinya luar biasa blink blink sih aku jatuh cinta banget haha.. Terdiri dari 4 warna yaitu hitam, biru tua, biru muda, dan hijau dan ini tuh waterproof gitu, lebih longlast dari hubungan aku sama doi #yha

[baca juga: review inez cosmetics intense color liquid eyeliner]

 Nah itu dia 7 Jenis Eyeliner di Bawah 100 ribu Beserta Rekomendasinya versi Jude.. Menurut kalian jenis eyeliner mana sih yang paling kalian suka? Atau jenis eyeliner mana yang kalian paling benci atau gabisa pakenya? Ahaha kalo favorit aku sih yang berwarna ya either Glitter Eyeliner atau Colorful Gel Liner karena aku super duper jarang satuin both eyeshadow dan eyeliner karena menurutku too much aja gitu so I’d rather pick one hehe.. Tapi kalaupun aku lagi super heavy makeup dan pake both eyeshadows dan eyeliners pasti aku pilih eyeliner warna hitam dan jenis eyeliner pilihanku jatuh kepada eyeliner spidol/pen eyeliner hehe.. Anyway kalian juga harus cek Rekomendasi Eyeliner Terbaik menurut temanku Silta dengan klik link di bawah yess hihi

[baca juga: rekomendasi eyeliner terbaik versi silta]

Thanks Babe!! XOXO <3<3

15 Replies to “7 JENIS EYELINER DI BAWAH 100 RIBU BESERTA REKOMENDASINYA

  1. Belum nemuin gel liner yang bagus banget. Selain ribet makenya juga aku kurang suka soalnya gel liner tuh lama-lama kering dan jadi ngga bisa bener-bener habis bersih 😓

    Mana kan biasanya mahal tuh. Cuma kalau cari matte, asik sih gel liner emang sama lebih opaque biasanya..

Mau nanya apa beb?