Hai gengs! Jaman sekarang social media itu udah merupakan kebutuhan sih ya bagi millenials. Dikit-dikit buka social media, terutama instagram. Nah sebagai content creator sudah pasti berlomba-lomba membuat konten untuk dipublikasikan, yang paling sering digunakan orang ya instagram. Nah, kali ini aku ikutan Ngopi Cantik yang ke-8 bersama Beautiesquad dengan tema “How to Grow Instagram”, narasumber kali ini adalah kak Ni Putu Chandra atau biasa kita sapa dengan nama kak Tutu. Anyway buat yang belum tau Ngopi Cantik merupakan agenda sharing-sharing yang dibentuk oleh Beautiesquad dan diadakan melalui grup whatsapp. Nah, Ngopi Cantik kali ini merupakan episode ke-8. Kalo kalian kepo bahasannya apa aja, just keep on reading.

@NIPUTUCHANDRA

 Kalo misalnya kalian sesama Beauty Enthusiast/Content Creator harusnya udah kenal sih sama kak Tutu, bisa kalian cek di instagram nya @niputuchandra karena kak Tutu fokus untuk mengembangkan konten di Instagram. Growth nya pun kenceng banget karena kak Tutu ini bener-bener konsisten dengan konten nya dan bener-bener mempelajari analytics instagram, jadi kak Tutu tau gimana cara nya membuat akun instagram nya berkembang. Nah, dalam Ngopi Cantik kali ini, kak Tutu share beberapa informasi mengenai Instagram Growth.

INSTAGRAM

Instagram merupakan Media Sosial yang paling populer di dunia dengan 1 Milyar Pengguna Aktif nya, oleh sebab itu sebagai Content Creator kita harus memanfaatkan crowd yang ada di Instagram kita. Instagram sendiri memiliki banyak fitur di antara nya insta story, multiple photo, video feed, business profile, link on bio, link swipe up insta story (untuk followers di atas 10k), promote post, IG TV, dan fitur-fitur lainnya.

KENAPA HARUS GROW INSTAGRAM?

1. Network

Karena instagram memiliki user yang banyak, jadi untuk meraih audience serta meningkatkan relasi sangat tepat dilakukan melalui instagram

2. Keep Up To Date

Jaman sekarang semua informasi mudah didapatkan melalui social media, terutama instagram. Apalagi dengan adanya instagram story yang menampilkan informasi real time. Sehingga, berita mengenai apapun cepat sekali menyebar, misalnya produk makeup/skin care baru, berita ekonomi, politik, hingga drama/gosip artis terkini bisa kita dapatkan dengan cepat.

3. Easy

Menurut aku interface instagram sudah cukup mudah untuk digunakan, baik untuk pemula maupun profesional. Cocok juga untuk segala jenis usia dari anak-anak hingga dewasa bisa menggunakan instagram. Kemudahan itu lah yang membuat instagram memiliki banyak user.

DEFINISI GROWTH

1. Followers Meningkat

Biasa nya orang mengukur segala sesuatu dari angka. Influencer sukses atau Beauty Blogger sukses biasa nya dihitung dari angka, dilihat dari jumlah followers nya, jumlah page views nya. Contohnya ya kita semua sudah tau lah ya, misalnya dari 500 followers jadi 10,000 followers.

2. Engagement Rate dan Metrics-Metrics Lainnya Meningkat

Kalo instagram kita sudah merupakan business profile, tentu nya sudah tahu dan bisa mengakses fitur insights. Dari fitur insights, ada beberapa metrics yang bisa kita lihat data nya. Contohnya adalah profile visits, website clicks, reach, dan impressions. Data yang dimaksud adalah angka nya, misalnya profile visits in the last 7 days sebelumnya 500 menjadi 1500. Itu yang dimaksud dengan peningkatan data dalam metrics.

HOW TO GROW INSTAGRAM?

1. Kuasai Semua Fitur dan Metrics yang Ada Pada Instagram

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kalo Instagram memiliki banyak fitur, seperti Insta Story, IG TV, polls, ask me a question, segala macem. Nah sebaiknya kita menggunakan semua fitur tersebut dan bisa mempelajari metrics-metrics nya untuk memahami cara mengembangkan instagram kita sendiri.

2. Tentukan Niche dan Lakukan Interaksi dengan Akun yang Memiliki Niche yang Sama

Niche maksudnya pengklasifikasian akun Instagram kalian berdasarkan jenis dan isi kontennya. Misalnya aku dan kak Tutu sama sama beauty niche nya. Nah, sebaiknya kita berinteraksi dengan akun yang memiliki niche beauty juga untuk meningkatkan peluang konten kita tetap berada di niche tersebut. Besar juga kemungkinan konten kita akan masuk ke dalam explore di kategori beauty. Sebisa mungkin hindari interaksi dengan akun di luar niche kalian. Misalnya niche aku beauty, sebaiknya untuk stalking @lambeturah atau @dramaojol.id ya menggunakan akun lain haha

3. Kenali Audience Kalian Seperti Apa

Mengenali jenis audience dapat membantu mengatur strategi ketika akan post foto atau video. Selain itu membantu memilah kira-kira produk apa saja yang harus di share di instagram. Beberapa cara mengenali nya bisa dilihat secara demografis, geografis, psikografis, dan behavioristis.

4. Tentukan branding!

Jaman sekarang banyak content creator yang mengabaikan soal branding padahal branding sangat penting. Branding disini maksudnya segala aktivitas yang bisa menguatkan dan menonjolkan diri sebagai content creator. Contohnya @awkarin yang cukup khas dengan banyak story per hari dan foto-foto yang aesthetic. @21makeupaddictions yang khas dengan background warna pink. @aro_kopa share makeup tutorial dengan backsound yang fun. @heidianatjahhadi dengan branding yang terkesan elegan.

5. Berinteraksi dengan Audience

Interaksi di instagram bermacam-macam, bisa melalui direct message, melakukan poll, membuka question box, mengadakan live session, dan juga membalas comment audience. Banyak yang sering mengabaikan untuk membalas comment audience, padahal hal ini salah satu faktor yang dapat meningkatkan engagement rate akun kita loh.

6. Gunakan Hashtag Sesuai dengan Niche Kalian

Penggunaan hashtag sesuai dengan niche ini juga berfungsi untuk meletakkan akun kalian di niche yang tepat. Jadi hindari menggunakan hashtag yang bukan niche kalian. Contohnya untuk niche beauty, gunakan #makeuptutorial #makeup.. jangan malah menggunakan #foodporn #fashion

Well, jadi itu dia kurang lebih nya hasil sharing dari kak Tutu dalam Beautiesquad Ngopi Cantik #8 “How to Grow Instagram”. Kalo misalnya kalian pengen kepoin ka Tutu atau Beautiesquad bisa langsung main ke social media nya ya, aku bakal taro di bawah.

Thanks Babe!! XOXO <3<3

BEAUTIESQUAD

FACEBOOK FANPAGE || INSTAGRAM

NI PUTU CHANDRA

BLOG || INSTAGRAM

Mau nanya apa beb?