Hey guys, siapa yang disini suka banget lipstick? Biasanya sih wanita bibir nya cuma 1, lipstick nya ratusan haha. Aku pribadi emang produk makeup yang paling banyak aku punya ya tentu saja lipstick haha. Karena 1 mana cukup? Kecuali jodoh ya, pasangan, ya 1 aja dong, 1 aja susah bener dapetnya gimana ratusan? hahaha. Nah kalian tuh suka susah ga sih nyari tau warna/shade lipstick yang cocok untuk kalian? Kalo liat di gambar ilustrasi nya kayak nya bagus, liat botol nya kayaknya pink nya cantik, pas dibeli dan dicoba di bibir kok kenapa jadi ngejreng 🙁 Makanya sebelum beli aku biasanya liat swatch di bibir banyak orang dulu untuk membandingkan. Nah, sebagai Beauty Content Creator, aku pun suka bikin lip swatch gitu. Kali ini aku belajar langsung dari ahli nya yaitu kak Rissa (@lippielust)

NGOPCAN BY BEAUTIESQUAD

Kali ini aku ikutan ngopi cantik yang diadakan oleh Beautiesquad. Ngopi cantik kali ini udah memasuki episode ke 9, tema nya adalah “Lipstick Swatching 101 with @lippielust”. Kak Rissa, yang biasa kita kenal dengan akun instagram @lippielust, sudah menjalani Lippielust selama lebih dari 5 tahun. Awal nya kak Rissa sudah menyukai lip swatching semenjak masih kerja sebagai freelance graphic designer, namun Lippielust mulai dikerjakan secara serius oleh kak Rissa semenjak tahun 2014. Saat ini Lippielust merupakan team, ada yang berperan sebagai kreatif, finance, PR/Manager, videographer, dan nanti akan ada photo retoucher juga.

INSPIRASI RISSA UNTUK MENJADI LIP SWATCHER

Kak Rissa mendapati bahwa dahulu kala sangat sulit untuk mencari swatches lipstick di kulit Asia, khususnya Indonesia. Biasa nya liat hasil lipstick nya di kulit bule dan warna nya bagus, tapi ketika dicoba hasilnya malah zonk banget. Nah dari situ lah kak Rissa mulai seneng swatching lipstick. Dulu sempet sembunyi-sembunyi karena malu, belum lagi efek dari bullying yang sampe sekarang juga masih kerasa. Kak Rissa pernah di bully karena katanya bibirnya kayak piyo-piyo. Tapi lama kelamaan kak Rissa dapet support dari pasangan, karena swatching lipstick itu terasa relaxing dan surprisingly banyak yang ngerasa swatches nya bermanfaat. Banyak followers kak Rissa justru dari luar negeri, terutama US dan Amerika Selatan karena mereka bisa relate betapa swatches itu sangat exclusive.

PROSES PENGERJAAN LIP SWATCH

Kalau proses foto & editing bisa 3 hari atau lebih, kalo sama scheduling blog bisa 1 minggu. Begini break down nya, contoh di hari senin fotografer produk foto produk dulu supaya lipstick nya masih bersih. Selasa lanjut foto arm swatches, biasanya kalo ga terlalu banyak dibuatkan styled arm swatches nya juga. Lanjut hari rabu foto lip swatches nya, dalam 1 hari bisa foto 1-3 brand, tergantung banyak nya warna. Setelah itu hari kamis baru bisa bikin blog. Biasanya hari kamis dan jumat kak Rissa ga ke kantor supaya bisa fokus edit foto dan juga bikin blog.

SOLUSI UNTUK RASA BOSAN DALAM LIP SWATCHING

Karena konten nya sebagian besar lipstick tentu saja sebagai manusia akan ada rasa bosan, untuk mengatasi nya kak Rissa ya me time aja atau melakukan hal lain kayak main game, jalan-jalan, makan, beres-beres rumah. Burnout itu bahaya, jadi kalau udah ngerasa capek mentally, ya istirahat gaperlu dipaksakan. Karena ide itu datangnya dari pikiran yang fresh, kalo pikiran kita sendiri udah capek, mental kita lagi ga bener, dipaksakan juga percuma.

TANTANGAN DALAM LIP SWATCHING

Kalau dulu, tantangan terbesar untuk Rissa adalah gimana caranya cari cahaya matahari yang bener-bener bagus. Karena gak ada ring light, gak ada kamera, modal cuma PC dan photoshop karena memang pekerjaan kak Rissa dulu adalah Graphic Designer dan sedikit-sedikit bisa photo retouching. Selain itu, bibir harus bener-bener siap, gak boleh pecah-pecah. Setiap kali bibir pecah-pecah itu udah pasti fotonya ditunda. Ketiga, kalau dapet produk lip stain itu kan susah banget dihapusnya ya, cape banget bikin lip swatches nya karena warna stain nya bener-bener nempel di bibir dan tangan.

MUST HAVE TOOLS UNTUK LIP SWATCHING

  • Keberanian. Karena gak jarang juga pengen coba lip swatching tapi gak pede, takut di bully, di judge, dll. Dulu kak Rissa cuma pake kamera belakang hp, pake smartphone aja bisa kok apalagi smartphone jaman sekarang udah canggih.
  • Selalu gunakan tripod dan timer, belajar pose dari awal, supaya nantinya terbiasa dengan pose nya.
  • Tools lainnya, ya makeup tools aja semacam lipstick remover, sponge (kalau udah dihapus kan biasanya suka agak rusak tuh foundie), itu harus ada di jangkauan duduk kalian.
  • Kalo bisa duduk ya, karena biasanya durasi nya lama.
  • Photo retouching is totally okay. Banyak mind set yang mikir kalo edit foto di photoshop itu berarti fake, padahal ada loh pekerjaan “photo retoucher” karena memang tugas mereka adalah meng-enhance foto. Photoshop sendiri adalah software professional untuk photo editing/digital imaging, isinya gak cuma untuk ubah bentuk badan atau bikin wajah lebih bening, tapi photoshop bener-bener powerful, gear nya cuma hape tapi editingnya di photoshop, bisa dapet foto layaknya professional shots

BAGIAN KRUSIAL SAAT EDITING

Jangan foto sekali lalu warnanya diubah-ubah, setelahnya ngikutin warna shades nya. Mau sebanyak apapun lipsticknya, harus dijalanin (swatch satu per satu). Selain itu, it’s oke if you want to adjust the brightness of this photo, color correct warna lipstick, dihalusin pori-pori nya itu gapapa asal jangan berlebihan. “Color correct” itu gak tau kenapa di beauty community kesannya kayak ngebohongin, padahal apa yang kita ingin tangkap di kamera belum tentu bisa dihasilkan oleh kamera itu sendiri, mau sebagus apapun lighting nya. Beberapa waktu lalu Michelle Phan (Owner EM Cosmetics), pasang IG Story tentang dia lagi Color Correct swatches liquid lipsticknya. Itu wajar banget dan udah biasa juga untuk dilakukan, Intinya jangan overdo.

So guys, jadi itu dia beberapa hal yang bisa di share kak Rissa dalam Ngopcan Beautiesquad #9 : Lipstick Swatching 101 with @lippielust. Kalo misalnya kalian mau join beautiesquad, mau tau lebih lanjut tentang beautiesquad bisa cek aja social media nya nanti aku taro di bawah. Jangan lupa juga follow instagram kak @lippielust dan juga baca-bacain review nya di blog nya kak Rissa, sebagus itu! haha

Thanks Babe!! XOXO <3<3

BEAUTIESQUAD

FACEBOOK FANPAGE || INSTAGRAM

LIPPIELUST

BLOG || INSTAGRAM

Mau nanya apa beb?