A lot of people have been asking me, kenapa sih jude nulis blog? Ngapain sih bikin blog? Apa enaknya jadi blogger? To be honest aku dari kecil emang suka nulis. Aku tuh gasuka ngomong dan lebih suka nulis. Mainan gadget aja lebih suka chat daripada nelfon, aku tuh gasuka nelfon gasuka ngomong suka nya chat via text aja gitu haha. Dari jaman sekolah dulu aku suka banget tuh nulis diary, dari jaman buku diary yang ada kunci nya sampe nulis di binder yang kertas file nya suka dijadiin bahan barter di sekolahan haha. Akhirnya sekitar SMP atau SMA aku lupa tepatnya, aku liat blog nya Raditya Dika yang dijadiin buku Kambing Jantan waktu itu. Baru dari situ lah aku nemuin platform yang namanya blog.

Mulai lah tuh sekitar tahun 2011an kalo gasalah, aku mulai bikin blog, nulis diary di blog, curhat tentang cowo, sekolah, segala macem aku tulis di blog. Masih asal-asalan banget itu blog isinya, emang gaada niatan apa-apa cuma pengen curhat aja gitu. Aku tuh anaknya emang suka curhat, jadi kalo misalnya ada orang yg ngomong “curhat mulu lu Jude” ya emang gue demennya curhat wkwkwk. Nah karena itu juga aku masih sekolah, jadi blog nya ya tentu saja ga jalan. Udah sekitar 2-3x aku bikin blog dengan nama domain yang beda-beda, tapi tentu saja waktu itu aku masih pake blogspot.com belum ngerti apa-apa soal TLD, domain, hosting, mana paham!

Fast forward ke tahun 2016, waktu itu aku masih kuliah semester 4 di salah satu universitas idaman semua orang dengan jurusan Sistem Informasi. Buat yang belum tau itu adalah jurusan IT, jadi aku dulu sok-sokan mau jadi programmer gitu tapi ujung-ujungnya Drop Out wkwk. Skip. Oke, jadi dulu kan mata kuliahnya programming, bikin web site, segala macem. Dari situ lah jadi kepikiran untuk bikin website sendiri. Dulu masih iseng cari-cari platform yang asyik untuk nulis. Pilihan nya antara blogspot, wordpress, dan tumblr. Karena dulu masih rada alay dan pengen warna warni jadi aku pilih tumblr. Akhir tahun 2016 juga aku jadi demen share makeup di instagram, tapi dulu tuh (sebenernya sampe sekarang) aku demen nya sfx makeup gitu. Makeup setan, zombie, makeup halloween, yang gitu-gitu deh karena Agustus 2016 aku sempet kerja di Rumah Hantu Jakarta.

Nah di awal tahun 2017 lah akhirnya ketemu nih sama account instagram namanya @Beautiesquad. Kayaknya seru nih makanya aku coba DM bilang pengen join dan akhirnya di invite tuh ke grup Whatsapp. Semenjak join Beautiesquad itu lah baru dapet ilmu yang super banyak perihal dunia blogging. Semenjak join Beautiesquad baru memantapkan hati untuk jadi Beauty Blogger ahaha. Pindah platform ke wordpress karena lebih professional. Belajar perihal TLD, SEO, dan mulai nabung buat beli domain+hosting karena wordpress tidaklah murah wkwk.

Artikel pertama aku yang terkait dengan Beauty adalah review tentang YRS: Yuni Riawati Salon. Waktu itu masih seadanya banget, foto masih pake hp, kualitas foto juga burem, tapi sebisa mungkin aku fotoin step by step rambut aku pas di bleaching trus diwarnain wkwk. Nah dari situ mulai main-main ke blog Beauty Blogger lain, baca-baca cara nulis mereka, perhatiin gimana caranya review produk, hingga akhirnya aku memutuskan untuk coba bikin post tentang makeup.

Review produk makeup yang pertama kali aku buat adalah One Brand Viva Cosmetics. Dari dulu aku anaknya emang ga suka setengah-setengah sih jadi sekalian bikin one brand, bukan cuma satu doang. Waktu itu masih alay gitu masih bikin blog yang lebih dari 1 page, banyak klik next nya gitu buat lanjut baca blog nya. Trus waktu itu sempet di nyinyirin juga karena dibilang blog yang kayak gitu nyari traffic banget. Padahal mah itu kan aku cuma mengaplikasikan ilmu yang aku dapatkan ya. Mungkin mereka ngiri kali gangerti cara nya bikin blog lebih dari 1 page haha. (Kesel dijulidin netizen).

Nah dari situ jadi keasikan bikin artikel. Setelah aku research, feeling aku sih sampe detik ini blog yang rame adalah blog yang review lipstick, apalagi kalo punya warna yang lengkap, beh traffic nya kenceng banget itu. Makanya waktu itu aku langsung kumpulin semua warna nya Purbasari Color Matte Lipstick, karena lipstick matte lokal pertama yang lagi nge hitz itu ya si purbasari ini. Aku beli semua, aku cicil kumpulin pelan-pelan, trus aku bikin review & swatches nya deh. Dan ternyata benar ada nya bahwa review & swatches lipstick all shades memang mendatangkan traffic yang tinggi hahaha.

Nah artikel-artikel sebelumnya itu adalah artikel yang aku terbitkan di bulan Januari 2017. Memasuki Februari 2017 aku baru kenal tuh sama yang namanya “sponsored post” atau istilah nya “endorse” kali ya kalo sekarang. Dari situ baru makin semangat tuh review produk karena udah dikasih kepercayaan sama brand. Hingga detik ini akhirnya makin banyak brand yang mau kerjasama sama aku, entah melalui komunitas, melalui agency, atau langsung ke aku pribadi. Sekarang aku juga ga cuma nulis blog tapi bikin konten juga berupa foto dan video di IG, dan tentu nya bikin video juga dong di youtube hihi. Semua berawal dari blogging. Jadi itu dia jawabanku untuk pertanyaan “Kenapa menulis blog?”. Kalo jawaban kamu gimana?

Thanks Babe!! XOXO <3<3

One Reply to “CURHATAN JUDE: KENAPA MENULIS BLOG?”

Mau nanya apa beb?