Hai gengs!! Kalian termasuk beauty enthusiast yang pro makeup atau skincare? Sejujurnya aku anak makeup, tapi akhir-akhir ini lagi demen juga cobain berbagai macam skin care agar supaya muka mulus tanpa dosa hihi.. Nah, tapi menurut aku skin care tuh lebih kompleks dibanding makeup karena efek nya jangka panjang untuk kulit dan skin care sifat nya kan merawat dan meresap hingga kulit terdalam, kalo makeup kan hanya menempel di permukaan kulit bagian luar aja jadi aku berani untuk coba makeup macem-macem, kalo skincare aku mikir 1000x hingga akhirnya aku berani coba.. Nah, pas banget kali ini Beautiesquad¬†ngadain Ngopcan atau Ngopi Cantik dengan tema “Mengupas Mitos dan Fakta Seputar Skincare”..

Buat yang belum tau, Beautiesquad merupakan sebuah komunitas yang diperuntukkan untuk para Beauty Blogger.. Nah setiap bulan nya banyak agenda seru yang diadakan oleh Beautiesquad, salah satunya adalah Ngopi Cantik ini.. Ngopi Cantik ini merupakan forum diskusi online, sejauh ini menggunakan platform social media yaitu Whatsapp, dengan mengundang seorang pembicara yang mahir di bidang nya dan setiap bulan nya selalu ada topik menarik yang dibahas.. Nah Ngopi Cantik dari Beautiesquad ini sudah berjalan sebanyak 7 kali dan Ngopcan episode ke 7 ini membahas tentang “Mitos dan Fakta Seputar Skincare”.. Pembicara kali ini adalah kak Azzahra R. Kamila atau yang biasa kita kenal dengan kak Mia.. Nanti blog dan instagram nya bakalan aku taro di paling bawah, so kalo kalian kepo bisa langsung main ke social media kak Mia..

Akhir-akhir ini berbagai brand kecantikan banyak meluncurkan produk skin care, dari brand lokal maupun brand luar seperti amerika dan korea berlomba-lomba mengeluarkan produk skin care yang menjanjikan hasil yang luar biasa untuk kulit kita.. Namun semakin banyak produk yang beredar semakin banyak orang bingung untuk mencoba skincare yang mana dan semakin banyak teori bermunculan akibat dari itu.. Banyak mitos yang beredar seputar skincare yang tidak diketahui kebenarannya.. Oleh sebab itu, disini kak Mia mencoba membahas 5 poin tentang mitos skincare yang paling umum dibicarakan orang..

1. Kosmetik Natural dan Kosmetik Berbahan Dasar Kimia

Banyak yang beranggapan bahwa kosmetik yang paling aman itu adalah kosmetik yang berbahan natural dan kosmetik yang menggunakan bahan-bahan kimia itu berbahaya.. Padahal kenyataannya belum tentu demikian.. Masih banyak dari kita yang suka mengatakan bahwa suatu produk bisa dibilang aman karena tidak mengandung bahan kimia, padahal pernyataan tersebut secara konteks salah.. Contohnya seperti yang sudah kita tahu bahwa water atau air merupakan produk yang natural.. Tentu saja safe selama air tersebut tidak mengandung rasa, bau, dan warna yang aneh.. Namun air/water itu sendiri ada nama nya dalam ilmu kimia, yaitu H2O.. Jadi, nggak bisa dibilang bahwa natural itu tidak mengandung unsur kimia.. Contoh lain, misalkan silikon.. Silikon merupakan bahan sintetis dan banyak yang beranggapan bahwa silikon ini berbahaya.. Memang banyak jenis silikon yang berbahaya, namun jika sifatnya digunakan sebagai skincare, tentu saja produsen telah mempertimbangkan sekuritas nya untuk kulit wajah konsumen.. Dimethicone merupakan salah satu jenis silikon dan Dimethicone itu sangat aman dan sebetulnya merupakan jenis silikon terbaru yang tidak membuat pori kita tersumbat..

2. MITOS DAN FAKTA SOAL PARABEN

Kalo kalian ngikutin perkembangan beauty industry, pasti tau dong sebagian besar orang percaya bahwa paraben itu berbahaya.. Media sempat menyebutkan bahwa paraben merupakan penyebab kanker payudara karena ada suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 terkait kanker payudara, dimana penelitian tersebut menemukan bahwa ditemukan paraben di dalam jaringan payudara.. Ternyata paraben yang ditemukan hanya sedikit sekali, jika diibaratkan seperti sejumput pasir yang kita genggam saat berada di Gurun Sahara.. Jadi sebenarnya paraben itu tidak berbahaya selama penggunaannya tepat.. Sampai sejauh ini, paraben termasuk yang paling aman karena dibandingkan beberapa jenis pengawet lain seperti phenoxyethanol dan DMDM hyantoin, paraben merupakan bahan yang paling sedikit terdapat kemungkinan iritasi dalam penggunaannya.. Lagi pula biasanya hanya terdapat paling banyak 1% kandungan paraben dalam suatu skin care, malah pada realita nya hanya terdapat 0.1-0.2% saja, jadi aman ya guys..

3. PETROLEUM JELLY DAN MINERAL OIL BERBAHAYA? MITOS!

Banyak orang yang takut dan beranggapan bahwa petrolatum dan mineral oil itu berbahaya karena berasal dari petroleum.. Petroleum merupakan cairan yang ditemukan di bawah batu sedimen yang biasanya digunakan untuk bahan bakar mobil.. Namun sebenarnya petrolatum atau mineral oil yang digunakan dalam skincare itu merupakan hasil distilasi, dan jika mineral oil dan petrolatum tersebut diproses dengan purifikasi terbaik, sebetulnya akan menjadi bahan yang tidak akan menyumbat pori.. Banyak yang merasa bahwa produk yang mengandung mineral oil memicu timbulnya komedo dan jerawat padahal belum tentu mineral oil lah penyebabnya.. Bisa jadi memang sejak awal pori-pori kita sudah tersumbat atau bisa jadi bahan mineral oil yang digunakan bukan hasil purifikasi terbaik, sehingga belum tentu mineral oil dan petroleum jelly lah penyebab muncul nya komedo pada kulit wajah kita..

4. Gold dan Collagen sebagai bahan anti aging? Mitos!

Pertama mari bahas tentang gold terlebih dahulu, akhir-akhir ini banyak produk skin care yang mengandung partikel nano gold digunakan sebagai skincare anti aging.. Tren ini dimulai ketika tim marketing mengawinkan unsur metal ke skincare sehingga banyak konsumen yang tertarik dan membeli produk tersebut.. Hingga sejauh ini, sebenarnya unsur metal yang paling dapat dipercaya untuk anti aging adalah copper-peptide, karena lebih banyak penelitian yang mengarah kesana dibandingkan gold.. Sementara untuk collagen sendiri memiliki istilah hydrolyzed collagen.. Hydrolyzed collagen memiliki massa molekul sekitar ribuan massa molekul, sementara untuk menjadi suatu drug yang bisa menembus ke pori terdalam kulit kita dibutuhkan massa molekul di bawah 500.. Nah hydrolyzed collagen ini menurut perhitungan massa molekul, tidak mungkin dapat menembus lapisan kulit, sehingga hanya akan menempel pada lapisan teratas kulit saja sehingga hanya optimal untuk menjadi humektan yang membuat kulit menjadi lebih terhidrasi saja..

5. Retinol

Retinol pada skin care biasanya berfungsi untuk menstimulasi regenerasi sel kulit.. Retinol juga berfungsi untuk menyamarkan noda hitam akibat photo-aging, hiperpigmentasi, dan juga bekas jerawat.. Retinol juga dapat berfungsi untuk meremajakan kulit, mengobati jerawat, dan juga membantu meratakan warna kulit yang tidak merata.. Menurut benefit yang tadi aku sebutkan di atas, bisa disimpulkan bahwa retinol juga berfungsi sebagai skin care anti aging.. Jika mengacu pada perhitungan massa molekul, untuk dikatakan sebagai skin care anti aging harus memiliki massa molekul di bawah 500 agar dapat menyerap ke dalam pori-pori yang terdalam pada kulit kita.. Nah, retinol mengandung 200 massa molekul sehingga dapat dikatakan benar bahwa retinol merupakan skin care anti aging..

Nah, jadi itu dia 5 poin yang di share oleh kak Mia.. Menurut aku pribadi sih dari 5 poin itu doang udah membawa banyak insight baru buat aku.. Banyak teori baru yang aku baru ketahui dan banyak juga ilmu-ilmu yang berubah setelah kak Mia sharing.. Kalo misalnya kalian mau tau lebih lanjut atau mau tanya-tanya tentang skin care ke kak Mia bisa langsung mampir ke blog dan instagram nya, nanti aku taro link nya di bawah.. Nah, biar ga ketinggalan agenda-agenda seru Beautiesquad dan biar bisa ikutan Ngopi Cantik berikutnya, jangan lupa juga follow instagram Beautiesquad.. Link nya aku taro di bawah juga..

Thanks Babe!! XOXO <3<3

BLOG INSOMMIA || INSTAGRAM INSOMMIA || INSTAGRAM BEAUTIESQUAD

Mau nanya apa beb?