Hai guys, first of all judulnya bukan bermaksud click bait.. Tadinya sempet mau nulis versi formal, standar, boring macem “BEAUTIESQUAD NGOPI CANTIK 4: PENTINGNYA PUEBI BAGI BEAUTY BLOGGER”.. Tapi lama-lama bosen dan berasa kaku aja gitu untuk sebuah blog.. Apalagi ini personal blog dan authornya aku.. Rasanya bukan aku banget gitu kalo dipaksa formal-formal, although at some point I kinda need to be formal, semacam ngerjain artikel, atau sponsor sama brand, atau emang strict di MOU nya harus baku gitu.. Tapi akhirnya yaudah aku bodo amat dan memberanikan diri untuk bikin judul seperti itu karena akhir-akhir ini hal tersebut yang mengganggu pikiranku.. Kalo kata orang-orang mah namanya keresahan, jadi ini dia keresahan aku.. Tentang dunia blogger dan tentang cara menjadi blogger yang baik.. Since blogger adalah penulis, tentunya ya kualitas tulisannya harus bisa dipertanggung jawabkan dong, gaboleh nulis asal-asalan yang penting kelar.. Harus jujur, sesuai apa yang dirasakan, dan tentunya tata bahasanya juga harus diperhatikan.. Nah, beberapa waktu lalu aku ikutan Ngopi Cantik dari Beautiesquad dengan tema “Pentingnya PUEBI bagi Beauty Blogger”

IMG SOURCE

NGOPI CANTIK 4

Sebelum jauh, sekilas info aja ya just in case masih belum pada tau apa itu Beautiesquad? Beautiesquad adalah komunitas Beauty Blogger yang udah berdiri lebih dari 1 tahun lama nya.. Beautiesquad ini ada banyak banget membernya, sering kerjasama dengan brand, punya banyak project reguler dan salah satu nya ya Ngopi Cantik ini.. Btw Ngopi Cantik kali ini udah episode ke-4, biar kalian ga ketinggalan dan bisa ikutan episode selanjutnya bisa banget follow social media nya Beautiesquad ya.. Ntar aku taro di bawah.. Nah, sebelum lanjut lagi aku pengen curhat dulu sih, lanjutin keresahan aku di atas yang belum kelar aku curahkan (?) Haha.. Jadi gini, aku juga sebenernya blogger baru kan, I mean kalo dibandingin temen-temen senior blogger aku yang bertahun-tahun udah blogging, da aku mah apah atuh.. Puji Tuhan aku bisa gabung di beberapa grup dan juga komunitas blogger jadi aku bisa dapet ilmu serta arahan bagaimana sih cara menjadi blogger yang baik.. Aku belajar banyak banget kaidah dan juga etika menjadi seorang blogger.. Salah satu nya ya teknis tulisan, namanya juga blogger kan seorang penulis ya, sudah sewajarnya kualitas tulisan diperhatikan juga kan bukan hanya sekedar nulis..

IMG SOURCE

Dari beberapa teman dan juga senior blogger aku banyak belajar tentang teknis penulisan blog.. Dari minimal jumlah kata, tulisan yang SEO friendly (SEO itu intinya mudah ditemukan sama google deh), hingga tata bahasa dan penulisan sesuai ejaan yang tepat.. Keresahan yang aku maksud disini tuh karena aku kadang bingung, masih banyak banget blogger yang nulisnya berantakan, proporsi gambar nya ga seimbang, antara gaada gambar sama sekali, atau 1 blog isinya gambar semua haha, trus banyak juga yang nulis tapi cuma 1 paragraf doang.. Nah, disini aku ga bermaksud menyindir siapapun sih, aku malah lebih menunjuk ke diri aku sendiri karena kadang nulisnya suka asal-asalan.. Makanya aku seneng banget bisa belajar banyak dari sesi ngopi cantik kali ini.. Karena seberapa banyak pun sponsor yang kamu dapatkan, jika kamu tidak meningkatkan kualitas dirimu, maka lama kelamaan sponsor juga minggat huehehe..

IMG SOURCE

LANGIT AMARAVATI

Pemateri ngopi cantik kali ini adalah Teh Langit Amaravati. Beliau merupakan seorang cerpenis, blogger, dan desainer. Beliau juga profesional blogger dari wisatakata. Beliau juga pernah menjadi pemenang blog competition yang salah satu kriterianya adalah tentang PUEBI, jadi cocok banget deh Teh Langit ini menjadi narasumber kita kali ini..

IMG SOURCE

APA ITU EJAAN?

Yang dimaksud ejaan di sini adalah kaidah penggunaan bahasa Indonesia, tanda baca, dan tata bahasa lainnya. Ejaan merujuk kepada dua “kitab suci”, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Karena bahasa bersifat dinamis, kedua kitab suci ini sesekali mengalami revisi. Yang terbaru adalah KBBI dan PUEBI 2016. Oh iya for those of you who didn’t know bedanya apa KBBI sama PUEBI (despite the acronym)? Jadi kalo KBBI itu untuk ejaan kata yang benar, misalnya: aktivitas atau aktifitas. Sementara kalo PUEBI itu untuk penggunaan dalam tulisan, misalnya huruf kapital, tanda baca, dll.

IMG SOURCE

GAYA BERTUTUR

Jadi apa sih gaya bertutur itu? Sederhananya gaya bertutur adalah gaya kita menyampaikan sebuah topik baik itu cerita, opini, berita, dan sebagainya. Seni menyampaikan itulah yang disebut gaya bertutur. Santai, serius, humoris, adalah label yang biasa disematkan pada gaya bertutur tersebut. Misalnya kayak blogger A memanggil dengan sebutan “aku-kamu” sementara blogger B memanggil dengan sebutan “gue-lo”. Sebenarnya sah-sah saja, bahkan biasanya 1 orang blogger bisa saja memiliki lebih dari gaya bertutur, tergantung jenis tulisan dan juga target tulisan tersebut. Bahkan Teh Langit sendiri punya 2 gaya bertutur. Yang pertama adalah semi formal yang digunakan untuk tutorial dan tulisan lainnya. Yang kedua adalah semi puitis untuk lomba story telling dan curhat. Jadi, menurut kalian gaya bertutur kalian seperti apa?

IMG SOURCE

KENAPA TATA BAHASA PENTING UNTUK BLOGGER?

Karena blogger adalah penulis dan seorang penulis yang baik tentu harus peduli dengan teknis penulisan. Naif kalau ada yang bilang bahwa blogger tidak harus paham ejaan. Satu hal lagi, ada blogger yang merasa bangga meski tulisannya berantakan dan tidak mau belajar hanya karena dia sering mendapatkan sponsored post. Attitude seperti ini adalah bumerang. Blogging sama seperti karier lainnya, ada iklim persaingan. Setiap hari lahir blogger-blogger baru. Satu-satunya yang bisa membuat kita stand out from the crowded adalah kualitas. Gamau kan dibilang blogger “modal cantik doang” ? Hahaha

PENTINGNYA MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BENAR

Seperti yang aku udah bilang di atas, pertama buat kredibilitas dari blogger itu sendiri sih. Dampaknya juga untuk ke personal branding. Kalo misalnya blog nya ga diurus, jarang update, sekali nya update isinya berantakan, tentu saja sponsor juga akan memandang sebelah mata. Selain itu dampaknya juga terhadap pagerank, Google dalam quality guidelines nya mengatakan bahwa salah satu faktor yang menentukan peringkat sebuah situs web adalah kualitas tulisan. Di antaranya adalah ejaan/tata bahasa dan minim typo. Berhubungan dengan pagerank, tata bahasa juga berpengaruh terhadap SEO. Walaupun google sudah pintar dan tetap bisa mengartikan suatu kata walaupun kita typo, tetap saja jika ada 2 artikel yang membahas suatu hal yang sama. Tulisan dengan tata bahasa yang lebih baik yang akan lebih di prioritaskan. Lalu dari segi pembaca, jika pembacanya paham ejaan tentu saja akan malas untuk membaca blog yang isinya asal-asalan. Balik lagi ke monetisasi, brand tidak suka bekerjasama dengan blogger yang tulisannya berantakan.. Tulisan juga mencerminkan kepribadian sih, kalo tulisannya aja berantakan, gimana nanti tanggung jawabnya untuk brand? Terakhir buat kalian giveaway hunter atau emang jiwa kompetitif nya tinggi, hal ini sangat penting untuk lomba blog. Tentu, ejaan, tata bahasa, dan juga alur tulisan akan menjadi poin utama yang dipertimbangkan.

IMG SOURCE

CARA BELAJAR TATA BAHASA

Mudah kok cara belajar menulis yang benar, kalian bisa membeli buku PUEBI edisi terbaru, harganya tidak sampai 100 ribu. Jika ada menemukan kata yang ejaannya meragukan juga bisa di cek di KBBI. Belajar dan terus latihan, biasakan menulis artikel di blog maupun sosial media dengan menggunakan ejaan yang benar. Semakin sering digunakan maka akan semakin dipahami. Karena sekarang zaman nya serba online, tentu kalian bisa juga akses KBBI dan PUEBI secara online tanpa harus beli buku fisiknya. Link KBBI online bisa diklik disini. PUEBI terbaru bisa diunduh disini.

Thanks Babe!! XOXO <3<3

 

Beautiesquad

INSTAGRAM || FACEBOOK GROUP || FACEBOOK FANPAGE

Mau nanya apa beb?